[adrotate group="1"]

Gempa 5,0 Guncang Mamuju Tengah, Warga Berhamburan Keluar Rumah

  • Bagikan
Photo: BMKG

Voxnusantara.com– Gempa bumi berkekuatan M 5,0 menguncang Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat (Sulbar) pada Minggu (26/08/2021) sore ini. Dai informasi yang dikutip dari Badan Mateorologi dan Klimatologi (BMKG) Pusat, menginformasikan bahwa gempa yang terjadi pada pukul 17:30 WITA berpusat pada titik koordinat 2.27 Lintang Selatan (LS) dan 119.23 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 10 km.

Sehingga, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam kategori gempa dangkal, sebab kedalamannya berada kurang dari 70 km dari permukaan bumi.

Sedangkan, berdasarkan hasil pemodelan, BMKG memastikan bahwa gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas sesar lokal ini tidak berpotensi tsunami. Dan hingga berita ini dinaikan, pihak BMKG belum merilis laporan lebih lanjut mengenai dampak yang telah ditimbulkan gempa tersebut.

Kepada media ini, salah seorang warga di Kecamatan Pangale, Iis Sugiarti mengaku, gempa yang baru saja terjadi cukup kencang dirasakan dan berdurasi cukup lama. “Getaran gempa terjadi sekitar 30 detik. Warga di sini semua berhamburan keluar rumah,” ungkapnya.

Olehnya, masyarakatpun dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari BMKG. Tidak terpancing isu berita yang tidak bertanggung jawab serta tetap waspada dengan adanya potensi gempa susulan.***

Penulis: Yohanes
  • Bagikan