[adrotate group="1"]

Adanya Aktivitas Subduksi Lempeng Utara Sulawesi, Gempa Bumi 4,6 Guncang Banggai

  • Bagikan

Voxnusantara.com- Gempa bumi tektonik, Selasa (7/9/21) pukul 18.35.44 WITA, mengguncang wilayah Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng). Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 4,6, kata Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya dalam keterangan resminya, Selasa (7/9/21) malam. 

Tony Agus menjelaskan, episenter gempa terletak pada koordinat 0.29 LS, 122.91 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 95 kilometer (km), barat daya Bonebolango Gorontalo, pada kedalaman 10 km.

Sedangkan, katanya, diperhatikan dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal, akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Utara Sulawesi.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Toili dan Banggai Laut dengan intensitas II MMI. Selain itu juga terasa di Ampana dan Luwuk II-III MMI.

“Sampai saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Saya juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ungkapnya.***

Reporter: Yohanes

  • Bagikan