[adrotate group="1"]

Amankan Tahapan Pemilu 120 Personil TNI Diperbantukan Ke Polda Sulteng

  • Bagikan
Proses penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoU) antara Polda Sulteng dengan Kodam XIII Merdeka tentang bantuan kekuatan TNI dalam pengamanan Pemilu 2024/Sumber foto: Humas Polda Sulteng.

Sulteng,VoxNusantara- Dalam rangka amankan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) sebanyak 120 personil anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) diperbantukan ke Polda Sulawesi Tengah (Sulteng).

“120 personil anggota TNI itu untuk membantu Polda Sulteng dalam pengamanan tahapan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2023-2024,” kata Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol. Djoko Wienartono menjawab deadlinews.com media partner VoxNusantara.com, Rabu (13/12/23) via chat WhatsAppnya.

Menurutnya bantuan pengamanan anggota TNI itu sebagai bentuk sinergisitas yang ditandai dengan olah raga bersama TNI/Polda Sulteng sekaligus penandatanganan momerandum Off Understanding (MOU) bantuan penguatan pengamanan Pemilu 2024.

Ia mengatakan olag laga bersama itu didahului penanda tanganan Perjanjian Kerjasama (MoU) antara Polda Sulteng dengan Kodam XIII Merdeka tentang bantuan kekuatan TNI dalam pengamanan Pemilu 2024 di wilayah Provinsi Sulteng.

Sinergitas dan Integrasi dalam pelaksanaan tugas dan funsi Polda Sulteng dan Kodam XIII Merdeka itu tertuang dalam Perjanjian Kerjasama nomor: PKS/25/XII/HUK.8.1.1/2023 dan nomor:PKS/123/XII/2023 tanggal 13 Desember 2023.

Kapolda Sulteng Irjen Pol. Dr. Agus Nugroho, didampingi Pandam XIII Merdeka mengatakan bahwa dengan telah ditanda tanganinya MoU TNI Polri kedepan semakin solid dan terus bersinergi

“Saya berharap dengan ditanda tanganinya MoU ini, TNI Polri kedepan semakin solid dan terus bersinergi dalam rangka menciptakan kamtibmas dan kamdagri,” ujarnya via rilis Humas Polda Sulteng.

Terlebih, kata Kapolda, mengahadapi tantangan tugas kedepan khususnya menghadapi agenda nasional Pemilu 2024 agar dapat berlangsung dengan aman, damai dan sejuk.

Agus Nugroho juga menyebut, poin-poin yang tertuang dalam Mou yaitu menyangkut tukar-menukar informasi dan kerjasama itu sendiri.

Pelibatan personil TNI, sebut Kapolda Sulteng, akan dilihat dari intensitas ancaman yang dihadapi, sementara itu dalam pelibatan Pemilu Pati Polri bintang dua itu menjelaskan ada lebih seribu personel TNI yang siap membantu.

Kapolda melanjutkan, kerjasama TNI/Polri itu sendiri juga termasuk nanatinya dalam pengaman Nataru, akan tetapi nanti tanggal 21 Desember 2023 akan dilakukan gelar pasukan bersama.

Sedangkan, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Legowo WR. Jatmiko juga mengatakan, Sinergitas, Integritas, bersatu untuk mengamankan negeri kita tercinta.

Ia juga menyebut, saat ini momennya Pemilu, sehingga masyarakat agar tahu TNI Polri ini solid dan terus bersinergi untuk mengamankan Pemilu 2024, demikian juga nantinya untuk kegiatan-kegiatan lainnya. (Redaksi)

  • Bagikan